Pencegahan

Pencegahan serangan Worm

Ada beberapa tindakan pencegahan yang layak diperhatikan,jika tidak ingin terkena worm.Uraian berikut ini,memang tidak begitu komplit.Namun setidaknya akan mengurangi kemungkinan terkena worm.

  • Memakai Program Anti Virus Terbaru
Ini adalah advis kuno yang membosankan............tapi apa boleh buat,memang ini saran yang wajib diperhatikan.Memakai program anti virus dengan update database virus terkini,sebaiknya kita lakukan untuk meminimalkanterkena ancaman worm.Silahkan pakai program anti virus yang cocok dengan anda.
  • Tidak Sembarang Memakai Flash Disk
Sekarang zamannya flash Disk.Ringan,ringkas,berkapasitas besar,dan praktis dibawa kemana-mana.Tapi ingatlah,flash Disk juga merupakan media yang rentan dengan serangan worm.Bahkan ia dapat dimanfaatkanoleh worm untuk menjadi kurir yang ampuh dalam dalam proses penyebaran.Apalagi jika fitur autorun pada system komputer aktif ! solusinya adalah melakukan scan pemeriksaan flash disk secara berkala atau sebelum digunakan untuk mengakses komputer.
  • Tidak Sembarangan Menjalankan Program
Ini lagi ! jangan sembarangan menjalankan program yang tidak kita kenal.Jalankan saja program yang kita kenal dengan baik.Jika ada program asing,sebaiknya kita ekstra hati-hati.jika memang tidak perlu,jangan dijalankan.
  • Memakai Account Biasa ( Non-Administrator )
Bagi anda pemakai Windows 9x,tentu tidak dapat memakai saran ini.Karena seluruh user pada windows 9x adalah seorang Administrator.Ini repotnya ! jika kita memakai Windows XP atau kerabat dekatnya yang berbasis windows 2000 atau NT,maka saran ini baru bisa dijalankan.Sebaiknya jangan dibiasakan memakai account administrator dalam memakai windows XP.karena dengan account tersebut komputer akan rentan dengan serangan worm.Oleh karena itu,buatlah account user biasa untuk pelaksanaan pemakaian program sehari-hari.saat kita akan menginstal program atau mengatur settingan windows,barulah account administrator kita aktifkan.Jika cara ini kita lakukan,worm akan kesulitan menembus pertahanan komputer.Karena ini biasanya akan terganjal masalah Permission saat akan menginstal dirinya ke registry.Artinya ! worm akan gagal mengaktifkan dirinya sendiri saat komputer kita aktifkan.Hal ini sama saja kita menghambat penyebaran worm.